Sunday 17 November 2013

DR Taufik Ramlan 'Menteri Luar Negerinya PKS'



Oleh: AA Hubur

Pada hari kamis malam jumat, 14 Nopember 2013, Ketua Badan Hubungan luar Negeri Dewan Pengurus Pusat Partai Keadilan Sejahtera DR Taufik Ramlan Wijaya (TRW) menyambangi pengajian “Zanjabil” Persatuan Masyarakat Indonesia di Brunei Darussalam (PERMAI).


DR Taufik diminta oleh panitia pengajian PERMAI yang merupakan organisasi kumpulan masyarakat Indonesia di Brunei Darussalam untuk memberikan Tausiah Keagamaan. Acara tersebut dilaksanakan di Surau Universitas Islam Sultan Sharif Ali jalan pasar baharu Gadong Bandar Seri Begawan mulai pukul 20.00 s/d 22.00 waktu Brunei.

Pengajian Tafsir yang sudah berjalan lebih dari 20 tahun tersebut biasanya diisi oleh Dr Abdurrahman Raden Aji Haqi (Dosen Senior dan Ketua jurusan Syariah Fakultas Syariah dan Undang-undang di Universitas Islam Sultan sharif Ali), namun Narasumber berhalangan hadir karena ada acara seminar di Indonesia, akhirnya panitia meminta DR Taufik yang kebetulan sedang berkunjung ke Brunei untuk menjadi penggantinya.

Dengan ditemani Ustadz Izzuddin Abdul Manaf Lc, MA (Dosen Ekonomi Islam Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI Bogor) akhirnya DR Taufik pun memenuhi permintaan tersebut.

Peserta sekitar 100 orang, terdiri dari beberapa unsur masyarakat Indonesia yang ada di Brunei, mulai dari Dosen, Mahasiswa, Staf KBRI, Tenaga Profesional juga para tenaga kerja Indonesia lainnya yang bekerja diberbagai sektor dinegeri raja minyak milik Sultan Hasanal Bolkiah.

Dalam ceramahnya DR Taufik yang merupakan Doktor lulusan Sheffield University Inggris dan sebelumnya pernah belajar di Universitay of New South Wales, Sydney, Australia menyampaikan materi seputar hijrahnya Rasulullah SAW, serta menjelaskan bagaimana memaknai hijrah dalam kontek kekinian.

“Hijrah menurut bahasa artinya pindah dari satu tempat ke tempat yang lain atau pindah dari satu kondisi ke kondisi yang lain.. Dan kita semua sebagai muslim dimanapun berada seyogyanya harus mampu memaknai hijrah dengan pemahaman yang lebih komprehensif agar bisa terus melakukan perubahan dari yang kurang baik menjadi baik dan dari yang baik bisa menjadi lebih baik lagi.” Tandas pria murah senyum tersebut.

DR Taufik merupakan menteri luar negerinya PKS yang rutin mengunjungi kader-kader partai no 3 yang tersebar diberbagai Negara diseluruh dunia, dan setiap kali kunjungan selalu memberi pengaruh positif terhadap komunitas masyarakat Indonesia di setiap Negara yang dikunjunginya.

Sekalipun background pendidikannya dari sekolah umum namun tidak kalah oleh para ustadz yang lulusan pesantren karena memang beliau aktifis tarbiyyah yang sudah lama malang melintang di dunia dakwah di berbagai negara. Jadi tak heran jika namanya sudah banyak dikenal dilingkungan komunitas masyarakat Indonesia di luar negeri.

DR Taufik pun aktif sebagai pembicara atau narasumber baik dalam ataupun luar negeri, antara lain pernah mengisi Konferensi Internasional tentang “Harmonisasi Peradaban” di Belanda, juga keynote speaker dalam diskusi “Partai Politik dan Arah Politik Luar Negeri Indonesia” dan juga sebagai pembicara pada “Pemimpin Muda Muslim Visioner Untuk Indonesia Lebih Baik” di Kairo.


:: PKS PIYUNGAN

No comments:

Post a Comment